
Bogor, metromedia.id – Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Kemenag RI tengah menggodok finalisasi reviu regulasi GTK Madrasah.
Agenda pembahasan utama pada kegitan ini adalah tentang peran dan regulasi pengawas madrasah.
Direktur GTK Madrasah, Thobib Al Asyhar menyikapi pentingnya pembaharuan regulasi untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pendidikan yang semakin kompleks.
Menurutnya, pengawas madrasah memegang peran sentral dalam memastikan mutu dan keberlangsungan pendidikan Islam di madrasah. Tugas utama pengawas madrasah adalah mendampingi kepala madrasah dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, yang berpusat pada peserta didik.
“Jadilah pengawas yang selalu dirindukan kehadirannya di madrasah,” tegas Thobib di Bogor pada Selasa (23/04/2024).
Oleh sebab itu, diharapkan agar dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam regulasi yang ada serta merumuskan langkah-langkah konkrit untuk mengoptimalkan efektivitas peran mereka,” ujar Thobib, seraya menegaskan pentingnya penguatan kualifikasi dan kompetensi pengawas, baik melalui pelatihan berkala maupun program pengembangan profesional, khususnya pada penguasaan IT.
“Dengan adanya reviu regulasi ini, diharapkan akan lahir kerangka kerja yang lebih adaptif dan inklusif bagi pengembangan pendidikan Islam di madrasah,” harapnya.
Diakhir arahannya, Thobib berpesan agar pengawas madrasah senangtiasa mengikuti arus transformasi digital untuk mempermudah pengawas dalam memenuhi tugas dan kinerjanya.
Senentara Kasubdit Bina GTK MA/MAK, Suwardi menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat tata kelola GTK Madrasah khususnya pengawas.
Dalam konteks regulasi tersebut, Suwardi memastikan bahwa pengawas madrasah dapat memenuhi kualifikasi yang ditetapkan serta memiliki kompetensi yang sesuai.
“Hal ini merupakan langkah krusial dalam memastikan efektivitas pengawasan dan peningkatan kualitas pendidikan di madrasah,” pungkasnya.
Kegiatan yang digelar selama 3 hari (23-25 April 2024) ini dihadiri oleh perwakilan dari Ketua Tim Tenaga Kependidikan pada Kantor Wilayah Provinsi, Ketua Pokjawas Nasional dan perwakilan pengawas dari beberapa provinsi serta sejumlah kepala madrasah.
Reporter: Firdaus / Ozan Koto
Chief Editor: H. Gamal Hehaitu