
JAKARTA, METROMEDIA.ID –
Mengenai tudingan menjadi sumber bau tidak sedap di area sekitar Rorotan yang dituduhkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta melalui sejumlah media belakangan ini, AEON MALL Jakarta Garden City akhirnya angkat bicara.
General Manager AEON MALL Jakarta Garden City, Michael Ignacius dalam keterangannya, Sabtu menyampaikan pihaknya meyakini bahwa sumber bau tersebut bukan berasal dari area AEON MALL.
Menindaklanjuti laporan yang diterbitkan, Michael menyatakan investigasi segera dimulai untuk menentukan sumber bau tersebut.
“Koordinasi aktif dilakukan dengan otoritas lingkungan terkait dan instansi pemerintah daerah untuk mengidentifikasi potensi faktor penyebab,” ungkapnya.
Informasi yang disajikan dalam laporan tersebut, menurut Michael, dianggap berpotensi salah menggambarkan situasi saat ini, dengan mempertimbangkan fakta-fakta berikut;
1. Tidak tercium bau yang mengganggu di sekitar area AEON MALL Jakarta Garden City, baik perimeter dalam maupun perimeter luar terdekat mall.
2. Tidak ada keluhan dari pengunjung mall mengenai bau yang mengganggu. Jumlah pengunjung di AEON MALL Jakarta Garden City menunjukkan peningkatan yang konsisten setiap tahun dan karena kami tidak pernah menerima keluhan tentang bau, kami yakin bahwa sumber bau yang dilaporkan tidak berada di area mall.
3. Dalam pengelolaan pembuangan limbah, AEON MALL Jakarta Garden City menggunakan vendor bersertifikat dan berpengalaman untuk mengangkut limbah dan mengirimkannya ke tempat pengumpulan limbah. Tidak pernah ada penumpukan sampah dibiarkan terjadi.
4. Prosedur pembuangan limbah dilakukan dengan cermat setiap malam hingga pagi, tanpa terkecuali. Dokumentasi foto harian dari proses ini tersedia dan ada laporan real-time setiap harinya. Prosedur ini dijalankan secara konsisten, dan kami tetap terbuka jika diperlukan investigasi lebih lanjut. Gambar dan foto dapat disediakan untuk memberikan kejelasan mengenai praktik pengelolaan limbah tersebut.
5. AEON MALL Jakarta Garden City mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang memenuhi standar dan peraturan pemerintah, dengan pemantauan yang ketat.
Michael menegaskan,
sebagai mall Jepang, AEON MALL Jakarta Garden City sangat memprioritaskan isu-isu lingkungan. AEON MALL menerapkan standar pengelolaan lingkungan yang menyeluruh dalam operasional harian, dan yakin bahwa prosedur pembuangan limbah sudah memenuhi standar tersebut.
“AEON MALL Jakarta Garden City berkomitmen untuk terus menjaga kenyamanan masyarakat Jakarta Garden City dan tentunya pengunjung kami. Kami akan memberikan informasi lebih lanjut seiring perkembangan investigasi kami,” tukasnya.
Reporter: Daus Botak
Editor: Gamal Hehaitu