Jakarta, Metromedia.id – Demi memudahkan masyarakat dalam mengurus surat-surat kendaraannya, Samsat Jakarta Timur menggelontorkan inovasi layanan berupa pelayanan satu hari (one day service)
Menurut info yang dikumpulkan metromedia.id pimpinan Samsat Jakarta Timur, mengambil langkah-langkah inovatif berupa program “One Day Service” atau pelayanan satu hari untuk pengurusan kendaraan baru.
Pihak samsat Jaktim berharap dengan program itu pihaknya dapat memberi kemudahan pada masyarakat dalam pengurusan kepemilikan kendaraan bermotor.
Program tersebut juga diharapkan dapat menghindari masyarakat dari praktik calo atau pungutan liar (pungli) yang selama ini menjadi momok bagi orang yang datang sendiri mengurus kendaraan bermotor di Samsat Jakarta Timur.
Ditegaskan, Samsat Jaktim juga kerap melakukan patroli rutin di sekitar areal Samsat Jakarta Timur untuk mengusir dan mengamankan calo yang meresahkan wajib pajak.
“Supaya wajib pajak melakukan pengurusan surat STNK kendaraan bermotor sendiri dan langsung ke loket tanpa berurusan dengan calo sehingga diharapkan wajib pajak tidak dirugikan dengan biaya yang di luar pajak”.
Tak hanya itu, samsat Jaktim juga meluncurkan aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) agar wajib pajak tidak perlu repot untuk datang ke lokasi.
“Karena dalam aplikasinya, ada pilihan untuk menggunakan pengiriman POS Indonesia. Sehingga tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran (TBPKP) dapat dikirim ke alamat wajib pajak sesuai alamat yang termaktub di STNK”. Daus