
Jakarta, metromedia.id – Untuk memperkuat kualitas layanan air bersih di Jakarta, Perumda Air Minum Jaya (PAM JAYA) mengambil langkah inovatif melalui pemasangan Cybel Meter untuk Penerapan Smart Water Meter berbasis LoRaWan.
Perangkat ini akan menggantikan metode konvensional dalam pembacaan meter air pelanggan.
Direktur Utama PAM JAYA, Arief Nasrudin, menyebutkan, inovasi smart meter ini adalah langkah signifikan dalam upaya mereka menggenjot layanan air bersih di Jakarta.
“Dengan teknologi ini, pelanggan akan merasakan manfaat nyata, seperti akurasi lebih tinggi dalam pencatatan penggunaan air dan kemudahan pembacaan meter secara real-time tanpa harus mengganggu privasi mereka,” tetang Arieg dalam keterangan tertulis, Kamis (17/10/2024).
Program yang dimulai pada Oktober 2024 ini menghadirkan solusi cerdas, di mana meter air pelanggan akan dilengkapi dengan modul komunikasi tanpa kabel, yang dapat membaca konsumsi air secara otomatis dan real-time, tanpa biaya tambahan bagi pelanggan.
Teknologi ini tidak hanya memudahkan dalam pembacaan meter, tetapi juga menjamin peningkatan akurasi, mempercepat proses, serta melindungi privasi pelanggan.
Jika sebelumnya, beber Arief, petugas harus melakukan pencatatan manual di lokasi, kini dengan teknologi ini, seluruh data akan tersimpan dan dikirim secara otomatis, tanpa interaksi langsung.

“Sebagai langkah awal, PAM JAYA berencana memasang 49.000 smart meter di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat,” tegas Arief, seraya menyatakan, keunggulan lain dari smart meter ini adalah kemampuannya dalam mendeteksi gangguan atau kerusakan pada meter air lebih awal. Melalui fitur ini, perbaikan bisa dilakukan lebih cepat dan efisien, menghindari masalah yang berlarut-larut, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.
Arief berharap, dengan adanya deteksi dini terhadap kerusakan atau gangguan, masalah dapat diselesaikan lebih cepat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendukung efisiensi operasional.
“Ini adalah bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk menyediakan layanan air bersih terbaik bagi masyarakat Jakarta,” tukasnya.
Inovasi ini sekaligus menjadi bagian dari upaya PAM JAYA dalam meningkatkan efisiensi operasional dan mempercepat transformasi layanan air bersih di ibu kota.
Penerapan smart meter tidak hanya menawarkan kenyamanan bagi pelanggan, tetapi juga memperkokoh langkah PAM JAYA menuju era digitalisasi layanan air yang lebih baik.
Reporter: Aloy/ Dayat Kutjink
Chief Editor: H. Gamal Hehaitu